Jumat, 21 Oktober 2011

0
Mengenal Internet Dan Web

Internet adalah kependekan dari International Networking, yang artinya jaringan computer berskala international/global yang dapat membuat masing-masing computer saling berkomunikasi.

Intranet merupakan jaringan computer berskala kecil, hanya memiliki beberapa web server yang diperuntukkan organisasi atau perusahaan, dan digunakan sebagai sarana berkomunikasi antara computer dalam organisasi tersebut.

TCP/IP adalah kependekan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol artinya protocol yang terdiri dari sub-protokol, yang beroperasi pada lapisan yang berbeda. Ini merupakan protocol standar Internet. Protocol ini memberikan nomor unix pada setiap computer yang terkoneksi.

URL adalah kependekan dari Uniform Resource Locators, artinya sebuah alamat di dalam Internet yang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah pengenal domain.
FTP adalah kependekan dari File Transfer Protocol, artinya sebuah protocol yang dipergunakan untuk mengirim berkas di antara dua computer.

Gophers adalah protocol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks, menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarki menu.

Browser web adalah program yang digunakan untuk menampilkan informasi dari suatu halaman web yang tersimpan dalam computer.

HTML adalah kependekan dari Hyper Text Markup Language, yang artinya tata cara penulisan yang digunakan dalam dokumen Web.

www singkatan dari world wide web atau disebut web merupakan jaringan yang menghubungkan semua jaringan di dunia.

http singkatan dari hipertext transfer protocol merupakan protocol standar untuk www

KELEBIHAN PHP

  • Open Source
  • Gratis
  • Cross Platform
  • Support multi database
  • On the fly

MySQL adalah Database
Database sendiri merupakan suatu jalan untuk dapat menyimpan berbagai informasi dengan membaginya berdasarkan kategori-kategori tertentu. Dimana informasi-informasi tersebut saling berkaitan, satu dengan yang lainnya.

MySQL bersifat RDBMS (Relational Database Management System)
RDBMS memungkinkan seorang admin dapat menyimpan banyak informasi ke dalam table-table, dimana table-table tersebut saling berkaitan satu sama lain.

Keuntungan RDBMS sendiri adalah kita dapat memecah database ke dalam table-table yang berbeda. setiap table memiliki informasi yang berkaitan dengan table yang lainnya.

KELEBIHAN MSQL

  • Open Source
  • Gratis
  • Cross Platform
  • Lengkap dan cepat

APHACE

Tempat php engine/processor berada. Tempat meletakkan file-file php dan database. Ketika user melakukan request http:// membuka suatu halaman, disinilah apache bekerja. Menjawab request tersebut dengan menampilkan halaman yang diminta.

Apache sama seperti PHP dan MySQL, Gratis.

Cross Platform
Perbedaan fungsi antara PHP, MySQL dan Apache adalah, PHP merupakan bahasanya, MySQL adalah databasenya, dan Apache merupakan webserver yang dapat mengeksekusi script php dan menampilkannya kepada user, dan melalui apache lah php dapat mengolah data dan menyimpan data tersebut ke dalam database.

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content

 

Artikel Terbaru

Profile

Foto saya
Judes ? itu adalah keseharian saya... namun jangan pernah menilai seseorang dari luar saja..